Jual Boneka Online | Trend industri kreatif tidak ada matinya. Dengan memanfaatkan
teknologi informasi yang menembus batas jarak dan waktu. Kini,sistem penjualan
secara langsung (direct selling)
semakin hemat biaya. Salah satu produk kreatif yang prosfektif adalah menjual
boneka secara online. Boneka,saat ini bukan sekedar mainan anak-anak,terutama
anak perempuan. Melainkan suatu benda yang bisa digunakan sebagai
cenderamata,bahkan maskot sebuah event olahraga,baik tingkat daerah,nasional
maupun dunia seperti olimpiade menjadikan boneka maskotnya sebagai cenderamata
wajib atlit sang juara.
Menjual
boneka secara online selain hemat biaya,juga memangkas jalur distribusi yang
panjang. Pembeli bisa pesan secara langsung kepada penjual tanpa keluar rumah.
Permasalahannya tinggal bagaimana mekanisme jual beli ini berjalan secara adil
dalam arti tidak ada fihak yang dirugikan. Untuk itu kejujuran penjual dalam
menjual produknya menjadi hal yang sangat diperhatikan untuk menjaga kesetiaan
pelanggan. Bagaimanapun mekanisme jual beli secara online harus memperhatikan
kualitas produk dan pelayanan antar barang yang tepat waktu. Karena konsumen
atau pembeli yang cerdas (smart costumer)
senantiasa jeli memperhatikan kualitas produk dan kemudahan transaksi.
Dalam
praktek bisnis jual boneka online. Banyak pelaku bisnis yang sekarang melirik
sarana sosial media di dunia maya seperti facebook dan sejenisnya. Hal ini
untuk menghemat biaya promosi yang dalam sistem mata rantai industri sering
menjadi pos pengeluaran terbesar dalam manajemen keuangan perusahaan. Terlebih
jika itu produk baru yang belum dikenal masyarakat luas. Anggaran iklan suatu
produk menjadi titik perhatian tersendiri,meskipun yang dijual sekedar bumbu
masak seperti terasi misalnya.
Biaya
iklan sebuah produk sebenarnya bisa diminimalisir jika kita mampu menyampaikan
produk secara baik kepada masyarakat. Melalui jalur online misalnya sebuah
produk boneka,terlebih jika boneka itu adalah karakter dari kartun yang sudah
dikenal publik maka yang diperlukan hanyalah penyampaian pesan bahwa boneka itu
selain mendapat lisensi resmi juga terbuat dari bahan berkualitas. Karena dalam
benak konsumen telah mengetahui perihal karakter kartun tersebut,maka berapapun
harganya tidak menjadi masalah selama barang yang dibeli adalah asli dan
mendapat lisensi penjualan resmi.
Keadaannya
akan berbeda,ketika boneka yang dijual tersebut adalah karakter khusus yang
baru dikenal atau rekayasa sendiri yang belum diketahui publik.Maka,yang
diperlukan adalah bahasa iklan yang mampu mengajak calon pembeli memiliki rasa
penasaran yang tinggi untuk mengetahui secara detail kehadiran boneka tersebut.
Misalnya dengan mengenalkan keunikan dari boneka tersebut,baik menyangkut
bentuk ukuran,bahan yang digunakan juga cerita dibalik pembuatan boneka
tersebut. Ada hal yang menarik ketika
beberapa waktu lalu ada seorang teman yang memiliki sebuah boneka dari kain
perca yang ternyata adalah karakter dari makanan kegemarannya. Ia mendapatkan
boneka berbentuk donat yang dibeli secara online. Kejelian menangkap peluang
bisnis dari industri kreatif ini membuahkan imajinasi kreatifitas yang luar
biasa.
Tidak ada yang tidak
mungkin,selama dunia ini masih memungkinkan.Inilah yang mestinya membuat kita
optimis untuk memanfaatkan sekecil apapun celah bisnis dari online menjadi bisnis kreatif yang menjanjikan di masa depan. Di tengah
derasnya arus pasar bebas yang membuat apapun bisa masuk dan laku di pasaran.
Maka,bagaimana menangkap pasar dari produk yang kita jual amat tergantung dari
sejauh mana kita bisa mempengaruhi pola pikir masyarakat untuk memilih produk
yang kita jual. Inilah yang perlu dimenangkan ketika kita harus bersaing via internet, khususnya jual boneka online.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar